Harian Haluan: Siap Lepas Kursi DPRD Sumbar, Safaruddin Dt Bandaro Rajo Bakal Maju di Pilbup Limapuluh Kota

HARIANHALUAN.COM – Nama Safaruddin Dt Bandaro Rajo juga akan digadang-gadang ikut meramaikan pesta demokrasi di Kabupaten Limapuluh Kota Desember mendatang. Saat ini ia menjabat sebagai Anggota DPRD Sumbar daerah pemilihan Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Tokoh partai Golongan Karya (Golkar) ini diisukan akan menjadi salah satu kandidat terkuat dalam pemilihan calon bupati Limapuluh Kota, lantaran sebelum menduduki kursi DPRD Sumbar, Ia sempat bernaung di DPRD Limapuluh Kota selama empat periode dengan jabatan sebelumnya sebagai ketua DPRD Limapuluh Kota tersebut.

Mengenai sosok Safaruddin, sebelum menduduki kursi DPRD Sumbar, Ia mulai meniti karir politiknya dari bawah. Safaruddin sempat menjadi Wali Nagari di Baruah Gunuang, Kecamatan Bukik Barisan, Limapuluh Kota tahun 1982 hingga 1993 silam.

Setelah menjadi Wali Nagari, tahun 1992 Ia diutus partai Golkar menjadi Anggota DPRD Limapuluh Kota hingga tahun 1997. Di era reformasi, Safaruddin kembali terpilih pada pemilu periode 1999 hingga 2004, saat itu Ia terpilih menjadi Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota. Pada kontestasi politik 2004 Safaruddin memilih rehat sejenak, namun pada pemilu 2009 Ia kembali maju dan menjadi Wakil Ketua DPRD menggantikan Alis Marajo yang terpilih menjadi Bupati pada tahun 2010.

Pemilu terus bergulir, tahun 2014 majunya Safaruddin pada pemilu tersebut memperoleh suara terbanyak dari masyarakat sehingga diamanahkan menjadi Ketua DPRD Limapuluh Kota. Berkat pengalaman empat periode bernaung dibawah atap DPRD Limapuluh Kota, Ia kembali terpilih menjadi anggota DPRD Sumbar tahun 2019.

Safaruddin digadang-gadang akan berpasangan dengan Bupati Limapuluh Kota saat ini yakni Irfendi Arbi, namun mengenai keputusan dan hasilnya nantinya akan mereka deklarasikan.

Sumber: https://www.harianhaluan.com/news/detail/100651/siap-lepas-kursi-dprd-sumbar-safarudin-dt-bandaro-rajo-bakal-maju-di-pilbup-limapuluh-kota

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai